Selasa, 07 Januari 2014

Nepenthes

Nepenthes



Saya teringat ketika suatu survey saya dan kawan-kawan tersesat di dalam hutan. Tujuan kami akhirnya hanya satu yaitu menuju puncakan. Kami terus menapaki punggungan yang semakin tinggi menanjak dan tak kami temukan percabangan menuju lembahan. Ketika rasa haus mulai mengiringi lelah, marah campur kesal dan keluh akhirnya memaksa untuk terduduk malas. Berfikir atas hari yang semakin sore, tiba-tiba saja mata tertuju pada suatu objek yang selalu membuat saya penasaran. Mata saya terfokus pada satu jenis Nepenthes yang menggantung memanjat merambati pohon-pohon di sekitarnya. Langsung saja kamera SLR yang menggantung di leher saya manfaatkan untuk “hunting” foto Nepenthes di gunung Cijambu Tanjung Sari, Kab. Sumedang.


“Kantung Semar” atau Nepenthes merupakan tumbuhan unik yang cukup sulit ditemui. Penyebaran tumbuhan ini mulai dari dataran rendah hingga di atas 1000 mdpl. Unik, karena cara hidup tumbuhan itu memanfaatkan morfologi yang berupa kantung utnuk memerangkap serangga, dan di dalam kantung tersebut berisi cairan yang bercampur dengan enzim untuk mencerna serangga yang mati. Sehingga tumbuhan tersebut bisa dikatakan menggantungkan hidupnya pada biosintesis makhluk hidup lain. Kantung-kantung berisi cairan ini dapat dimanfaatkan kita sebagai sumber air minum dalam situasi survival. Dengan catatan bahwa cairan di dalam kantung tidak berisi serangga yang mati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar